Arti Kode Error Kamera Canon dan Solusinya

Memahami Arti kode Error Kamera Canon

Dalam era digital pengguna peralatan elektronik semakin dipermudah dengan sistem informasi agar user bisa mengetahui jika ada kesalahan atau kerusakan pada alat yang dipakai nya.

Begitupun dengan pabrikan Canon yang memberikan kode-kode unik dalam peralatannya agar user mengetahui jika ada masalah dan mengetahui cara sederhana untuk menanganinya.

Dengan memahami arti kode error kamera canon tersebut paling tidak anda bisa memperkirakan kerusakan atau kegagalan fungsi yang dialami oleh kamera. Beberapa kode error bisa diperbaiki sendiri, tetapi jika harus diserahkan pada bengkel service paling tidak anda sudah bisa memperkirakan kerusakan serta estimasi biaya perbaikan.

Berikut daftar dan arti kode error kamera Canon serta solusinya:

Error 01

“Communication between the camera and lens is faulty. Clean the lens contacts”

Kode tersebut mengirformasikan bahwa terjadi masalah komunikasi antara lensa dan body kamera. Bisa saja hanya karena ada kotoran pada kontak mounting antara lensa dan body kamera, ataupun karena ada kerusakan pada lensa dan body kamera anda

Solusi: Pertama coba bersihkan dengan kain lembut pada kuningan berwarna emas yang menghubungkan antara lensa dan kamera. Kedua jika error masih tetap muncul ganti lensa kamera anda, jika kode error sudah hilang berarti lensa anda rusak dan harus dibawa ke tempat service, tapi jika kode error masih muncul berarti kerusakan pada body kamera.

Error 02

“Card cannot be accessed. Reinsert/change card or format card with camera”.

Ada masalah dengan komunikasi antara kamera dan kartu memory, penyebabnya bisa karena kartu memori yang rusak (tidak terbaca, error atau cacat fisik), bisa juga karena kamera dan memori keduanya rusak (karena memory fisiknya cacat dan dipaksa dipakai sehingga merusak pada slot memory pada kamera) atau bisa juga ada masalah elektronik pada body kamera.

Solusi: Pertama lepas dan pasang kembali kartu memori (pastikan kartu memori tidak ada kerusakan). Kedua format kartu memori dengan bantuan pc. Ketiga gunakan kartu memori lain. Jika tetap error berarti bodi kamera bermasalah dan harus dibawa ke tempat service.

Error 03

Kode error muncul karena terlalu banyaknya folder dalam kartu memori.

Solusi: Pindahkan folder dari kartu memori ke PC lalu hapus dari kartu memori atau ganti kartu memori.

Error 04

“Cannot save images because card is full. Replace card”.

Kode error menginformasikan bahwa media penyimpanan / kartu memori penuh, tetapi ada beberapa kasus meskipun kartu memori masih kosong tetap muncul kode tersebut.

Solusi: Pindahkan isi kartu memori atau delete yang tidak diperlukan. Jika kode error masih muncul gunakan solusi seperti pada error 02.

Error 05

Masalah pada lampu flash bodi kamera

Kamera mendeteksi bahwa terjadi masalah pada lampu flash bodi kamera, bisa saja flash belum terangkat/membuka secara maksimal atau masalah lainnya seperti kerusakan pada chips mainboard kamera. Kasus ini hanya terjadi pada kamera yang memiliki built-in flash.

Solusi: Mencoba buka tutup flash, dorong kembali ke posisi OFF (tertutup) kemudian tekan tombol pembukanya pada mode M pemotretan atau menekan tombol shutter pada mode Auto di ruangan yang gelap agar flash membuka secara otomatis.

Error 06

Masalah pada Self-cleaning sensor

Kamera mendeteksi proses otomatis pembersihan sensor tidak berjalan sempurna atau tidak selesai. Berdasarkan pengalaman hal ini sering terjadi pada kamera yang telah di oprek/dimodifikasi menjadi versi IR (infrared) atau False Colour dimana telah terjadi pergantian pada filter sensor.

Solusi: Ubah mode Self-Cleaning sensor menjadi manual pada menu pengaturan sebagai pertolongan pertama agar kamera tetap dapat digunakan. Hal ini tidak menyelesaikan permasalahan secara permanen sebelum dilakukan perbaikan/penggantian pada komponen yang bermasalah.

Error 09

Sistem error

Terjadi karena memori untuk memproses perintah yang ada pada kamera melebihi batas kemampuannya. Salahsatu penyebabnya seperti pengguna memberikan perintah-perintah pada kamera dengan cara menekan tombol-tombol secara serentak dan bersamaan hingga terjadi hang atau error.

Solusi: Hidupkan ulang kamera dengan menekan switch on off atau pasang ulang baterai

Error 10

File rusak (Malfunction)

Kamera mendeteksi terdapat kerusakan pada file yang telah atau akan ditulis pada media penyimpanan (memori card).

Solusi : Ikuti seperti pada langkah mengatasi error 02.

Error 20

Terjadi kerusakan mekanis

Kamera mendeteksi terjadi kesalahan atau kerusakan pada sektor mekanis kamera. Kerusakan mekanis meliputi cermin (mirror), shutter atau mekanisme aperture. Kode ini tidak mengisyaratkan secara detail dimana posisi kerusakan yang terjadi dari bagian mekanis tersebut namun dapat disimpulkan secara garis besar posisi kerusakan. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan mirror yang tidak membalik, shutter yang tidak bisa mengambil gambar atau aperture/diafragma yang tidak bekerja.

Solusi : Pada tahap awal coba lakukan buka pasang baterai, jika tidak terselesaikan berarti perlu penanganan serius dari tekhnisi yang terlatih dan berpengalaman, alias bawa ketempat servis kamera.

Error 22

CF Card driver

Masalah disebabkan karena citra (data gambar) tidak dapat ditulis ke kartu memori CF Card. Penyebabnya bisa saja posisi pemasangan memori yang kurang tepat pada slot memori kamera, atau pada kasus D30 kamera tidak bisa mendeteksi signal siap (digunakan) dari kartu memori dalam limit waktu tertentu. Hal lainnya seperti memori CF rusak secara fisik maupun sofware bisa jadi penyebab. Periksa juga level kekuatan baterai recharge bila perlu.

Solusi: Periksa kartu memori CF apakah sudah diposisikan dengan tepat dan benar, format kartu memori dengan menggunakan pc atau coba pada kamera lain. Isi ulang baterai bila diperlukan.

Error 23

Tidak ada ruang kosong di memori CF card.

Kode error ini muncul ketika ruang bebas (free space) tidak cukup untuk menyimpan gambar yang telah dibuat. Contoh kasus ketika memori penyimpanan hampir penuh dan anda memperkirakan masih cukup untuk menyimpan beberapa petik gambar, lantas anda mengambil gambar dengan long eksposure dan noise reduction dimatikan sehingga menyebabkan ukuran file menjadi lebih besar dari biasanya atau yang diperkirakan sebelumnya sehingga kartu memori tidak dapat menampung/menyimpan dari gambar tersebut.

Solusi: Beri ruang bebas yang cukup pada memori CF atau format.

Error 30

Kerusakan Shutter

Tidak seperti pada error 20, kesalahan satu ini tidak menunjukkan (terlihat) terjadi masalah pada komponen shutter. Namun kerusakan bisa saja terjadi pada sektor mekanis atau kesalahan komunikasi elektronik (kabel fleksibel dll)

Solusi : Lakukan seperti dalam mengatasi Error 20.

Error 40

Kerusakan pada sektor sumber daya (baterai)

Kamera mendeteksi terjadi kesalahan atau kerusakan dalam mendapatkan daya dari baterai pada berbagai komponen kamera yang ada. Secara sederhana bisa saja baterai lemah atau baterai mengalami kerusakan sehingga tidak terdeteksi.

Solusi: Ganti Baterai yang lebih baik, atau dicas/Charge. Pada tahap selanjutnya permasalahan bisa saja terjadi pada Modul mainboard power supply.

Error 50

Kerusakan kontrol elektronik

Berbeda dengan error 20, yang menunjukkan terjadi kerusakan mekanis. Pada kode error ini kamera memberitahu bahwa telah terjadi kerusakan/kesalahan elektronik atau terjadi gangguan komunikasi internal namun tidak memberikan secara spesifik dimana sumber yang tepat dari kerusakan tersebut.

Solusi : Lakukan seperti dalam mengatasi Error 20

Error 50

Kartu memori CF Format

Masalah ini terjadi ketika kartu CF tidak dapat diformat oleh kamera.

Solusi : Ganti kartu memori Cf atau format menggunakan pc.

Error 51

Play mode.

Terjadi kesalahan ketika kamera memutar gambar (play) yang ada pada kartu memori penyimpanan CF.

Solusi : Ganti kartu memori Cf atau format menggunakan pc

Error 70

Kerusakan gambar

Terjadi kesalahan/kerusakan pada saat kamera mengambil atau menulis data ke kartu memori. Secara sederhana bisa saja terjadi masalah pada kartu memori, namun bisa saja terjadi masalah lebih lanjut pada mainboard kamera.

Solusi: pada tahap awal lakukan seperti dalam mengatasi Error 02

Error 80

Terjadi kesalahan kontrol elektronik atau kerusakan gambar atau pada shutter

Biasanya error ini muncul ketika:

Ketika mendeteksi shutter kamera belum sepenuhnya siap untuk menembak

Ketika mendeteksi proses urutan rana belum selesai sepenuhnya (mis: slow speed/bulb)

Ketika lampu flash bodi (Built-in) flash tidak dapat diisi ulang setelah preflash E-TTL.

Solusi: Hidupkan ulang kamera dengan menekan switch on off atau pasang ulang baterai

Error 81: Masalah pada Mirror

Kode error ini biasanya terjadi dalam kondisi : Ketika shutter kamera ditekan setengah kemudian posisi bawah mirror tidak dapat diverivikasi oleh sistem kamera, ketika posisi mirror berada diatas/bawah kemudian tidak terdeteksi oleh shutter release.

Solusi: Pada tahap awal coba lakukan buka pasang baterai, jika tidak terselesaikan berarti perlu penanganan serius dari tekhnisi yang terlatih dan berpengalaman, alias bawa ketempat servis kamera.

Error 82: Flash strobe

Kode ini muncul ketika flash bodi (built-in) tidak dapat diiisi.

Solusi: Hidupkan ulang kamera dengan menekan switch on off atau pasang ulang baterai

Error 83 : Flash Pop Up

Kode error Dslr Canon ini muncul ketika terjadi kesalahan pop-up flash bodi (built-in) kamera tidak terdeteksi bahkan setelah operasi pop-up telah diulang tiga kali.

Solusi: Hidupkan ulang kamera dengan menekan switch on off atau pasang ulang baterai

Error 84: Komunikasi ke lensa

Kode error ini muncul ketika:

Komunikasi elektronik antara bodi dan lensa kamera tidak dapat dilakukan, bisa ketika kamera dihidupkan atau ketika tombol shutter ditekan.

Ketika kamera tidak dapat membaca/mengontrol diafragma selama tombol shutter ditekan.

Solusi : Coba bersihkan kontak elektronik (berwarna emas/kuningan) pada mounting kamera dan lensa dengan menggunakan kain lembut atau bisa juga dengan penghapus pensil sembari memeriksa jika terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak wajar pada bagian tersebut.

Pada tahap selanjutnya coba ganti dengan lensa lainnya, jika tetap tidak menyelesaikan masalah bawalah ketempat service kamera yang berpengalaman.

Error 99: Terjadi kerusakan sistem atau sistem malfunction

Solusi : Baca artikelnya disini Mengatasi err99 error 99 Canon EOS

Error Baterai : ditandai dengan gambar baterai mengedip pada layar atas

Kasus ini ditemui pada seri Canon EOS 60d dan Eos 7D, setelah dibawa ketempat servis ternya terjadi gangguan/kerusakan pada sektor power di mainboard. Baca pembahasannya disini

Error Busy: Salahsatunya disebabkan masalah di kartu memori. Baca artikelnya disini.

Tunggu dan simak update berikutnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai arti kode error dslr canon beserta solusinya yang dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan bagi para pencinta dunia fotografi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply